Mereka bilang “Untuk apa beli aerox ? Lebih baik vario 125” ternyata…

image

Assalamualaikum bray, masih ada kuota ? šŸ˜†
Setelah dan sebelum aerox hadir, tanggapan pro dan kontra mulai memanas di ranah blogsphare, berhubung abah hoby mengunjungi blog ternakan sahabat dan blog papan atas, abah tertegun sejenak, ketika banyak sekali yang berkomentar “untuk apa beli yamaha aerox ? Mending beli vario” apa yang melandasi komentar tersebut ?

Dengan sedikit bumbu komparsi,Berikut analisa abah,
Let’s kill šŸ˜†

1.harga
Tidak bisa di pungkiri harga yang bocor sebelum rilis membuat para calon konsumen berpikir dua kali untuk meminang Aerox, sungguh harga yang terpaut tipis tipis elastis,
Untuk yamaha aerox harga 18 juta rupiah adalah harga pasti dicianjur belum ada infonya euy hehe.
Sementara di kelas yang sama vario 125 standar di jual dengan harga 17,6juta OTR cianjur, sementara untuk versi CBS,iSS di jual 18,2jt. Mengingat aerox tidak di lengkapi fitur apapun, dengan uang 18jt konsumen yang mengutamakan fitur akan memilih vario125. Hmmmm tapi kita tidak tau aerox punya kejutan fitur apa saja setelah kita coba test ride sendiri, Iya kan ? Siapa tahu aerox punya fitur anti DP hahahahahaha #eh

2.spesifikasi

Di mulai dari vario 125:
Spesifikasi dan Harga Honda Vario 125 eSP :
-DIMENSI
Panjang keseluruhan adalah 1921 mm.
Lebar mencapai 683 mm.
Tinggi hingga 1096 mm.
Jarak sumbu antar roda sekitar 1280 mm.
Berat kosong motor mencapai 109 kg.
Kpasitas tangki penampungan bahan bakar adalah 5,5 liter.
-RANGKA
Rangka yang digunakan berjenis tulang punggung atau istilah lainnya “UnderBone”.
Tipe suspensi depan menggunakan Teleskopik, sedang bagian belakang memakai suspensi jenis lengan ayun ( swing arm ) dengan sobreker tunggal ( monoshock ).
Ukuran ban depan adalah 80/90 – 14 M/C 40P ( tubeless/tanpa ban dalam ) & ban belakang berukuran 90/90 – 14M/C46P ( tubeless/tanpa ban dalam ).
Rem depan cakram tunggal hidrolik, sedangkan untuk rem belakang memakai rem jenis tromol yang mengusung sistem pengereman CBS ( Comby Brake System ).
-MESIN
Memakai mesin dengan kapasitas 124,8 cc ( 125 cc ), SOHC dengan sistem pendinginan berupa cairan/radiator.
Diamter x langkah mesin adalah 52,4 mm x 57,9 mm.
Perbandingan komprehensi rasio mesin adalah 11,0 : 1.
Power atau daya maksimum yang mampu dihasilkan adalah sebesar 8,3 kW / 8500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 10,8 Nm / 5500 rpm.
Kapasitas oli mesin 0,8 liter / pergantian berkala atau periodik
Transmisi otomatis ( V-Matic ) dengan rincian tipe kopling otomatis, sentrifugal, tipe kering.
-KELISTRIKAN
Baterai tipe MF 12V – 5 A.h.
Menggunaan busi dengan tipe ND U22EPR-9 / NGK CPR9EA-9.
Sistem pengapian full transisterize dengan baterai.

Sementara aerox 125:
Spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC:
-DIMENSI
Panjangnya 1857 mm.
Lebar keseluruhan 742 mm.
Tinggi mencapai 1070 mm.
Jarak sumbu antar kedua rodanya 1265 mm.
Jarak terendah ketanah adalah 135 mm.
Tinggi jok tempat duduk 760 mm.
Berat kosong motor 102 kg.
Kapasitas bahan bakar yang bisa ditampung 3,8 liter.
-RANGKA
Tipe rangka / frame Underbone.
Suspensi depan menggunakan Teleskopik & belakang Monoshock Unit Swing.
Ban depan ukuran 70/90 – 14M/C 34P , sedangkan belakang ukuran 100/70  – 14M/C 51P.
Rem depan memakai disc brake / cakram tunggal, sedangkan belakang drum brake (tromol).
-MESIN
Tipe mesin 1 Silinder, 125cc, SOHC, 4-Stroke dengan pendinginan cairan (Liquid Cooled).
Diameter x langkahnya: 52,4 mm x 57,9 mm.
Perbandingan rasio kompresi 10,9 Ā± 0.4 : 1.
Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 8.4 kW / 9000 rpm, sedangkan torsinya 10.4 Nm / 6500 rpm.
Sistem starter ada 2 yakni Electrik dan Kick Starter.
Perlumasan bersistem basah.
Kapasitas oli mesin : total 0,9 liter sedangkan buat pergantian periodik 0,8 liter.
Sistem bahan bakar : fuel injection yamaha.
Tipe transmisinya V-belt Automatic.
Tipe kopling yang digunakan kering, setrifugal.
-KELISTRIKAN
Sistem pengapian Transistorized Controlled Ignition (TCI).
Tipe battery YUASA / YTZ5S.
Tipe busi yang dipakai NGK/CR7E

Waw dengan harga 18jt+ aerox menawarkan power 0,1kw di atas vario !!!
Tapi ! Kalau kita lihat torsi ? Hmm aerox ketinggalan 0,4nm di banding vario.

3.Desain

image

image

Aerox
Menawarkan muansa racing yang wah, banyak shape tajam disana sini yang sekilas mengingatkan kita pada R25,lampu LED yang garang, buritan ala motorsport, stang layaknya motor naked dan lain sebagainya yang membuat aerox bisa dikatakan matic out of the box setelah Xride.
Bahkan ada dua mode riding, bisa riding dengan kaki selonjoran dan juga menekuk kaki kebelakang kaya alay waw ajibbb nih aerox,

Vario
Seperti biasa honda menawarkan desain manis nan elegan, lampu LED sipit layaknya CBR500, buritan yang kece, dan lain lain yang membuat si vario ini di beri tagline “ride the perfection”. Mungkin ini juga yang membuat banyak orang berkata “mending vario”. Karena walau bagaimanapun orang yang beli motor matic rata rata adalah orang yang pengen simple. Dan gak perlu neko neko soal desain.

image

Last,Abah pribadi lumayan terpincut dengan aerox, desain yang gak “pasaran” membuat aerox punya spot tersendiri di hati abah, nah mungkin itu analisa abah kenapa mereka bilang “untuk apa beli aerox, mending vario125” ternyata bikin bingung.. Ngohahaha šŸ˜†

Oke sekian dulu dari mbah69anom Maaf jika postingannya agak kurang.
InsyaAllah setelah bulan ini abah akan memberikan nuansa baru di blog kumuh ini hahaha šŸ˜†

Tambahan šŸ˜€

“aerox desain yang sporty, nama besar yang di sandang, kualitas matic yamaha yang terbukti, cocok untuk anda yang berjiwa muda, ayo rasakan sensasi sportmatic sesungguhnya dengan aerox”

Wassalamualaikum bray :v

Posted from WordPress for Android

Tentang Anomoto69 (anjay racing team)

this is life! you pull a little power and see? what speed are you able to?
Pos ini dipublikasikan di komparasi dan tag , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Mereka bilang “Untuk apa beli aerox ? Lebih baik vario 125” ternyata…

  1. macantua.com berkata:

    Iklan pisan tungtungna

    Suka

  2. RevvingRuby berkata:

    ternyata performanya kurang ngeri ya mbah, kalau dikasih blue core bisa megap-megap nih disalip bapak-bapak šŸ˜€ tapi ini desainnya matic cowok nih

    Aerox nyasar Blue Ocean, bukan Vario 125

    Suka

  3. Mase berkata:

    bakalan susah ngalahin pasar vario

    Suka

Tinggalkan komentar