Komparasi TVS apache RTR 200 vs Kawasaki bajaj pulsar 200ns

image

Assalamualaikum…
Selamat malam anomers :*
Request dari sahabat mulai berdatangan di blog kumuh ini šŸ˜Ž setelah kemarin abah selesai merampungkan artikel request om Bhara dalton (disini), sekarang om tungir (sebut saja demikian) minta rangkuman perbandingan antara RTR200 dan P200NS, hmmmm šŸ˜›
Katanya sih dia pengen ganti tunggangan yang lebih gagah dan gak berisik , wihhh maksudnya gimana ya ?
Sebagai catatan, beliau adalah seorang pengguna Rx-king dan CB150sf.
Dengan dasar ilmu imhologi abah, Okey mari kita mulai,

Let’s go ngoahahaha šŸ˜†

1.Desain

image

Kawasaki bajaj pulsar 200 ns, menawarkan desain nan agresif, di padu dengan rangka parimeter frame dengan pressed steel yang stabil dan kokoh,
Knalpot yang di letakan di bawah mesin, jok tipe split seat yang masih bersahabat, headlamp yang garangĀ  khas pulsar series, dan juga penggunaan velg Y yang terasa lebih enak di pandang.

(+) rangka ala deltabox, desain bersahabat, kenalpot out of the box,
(-) spatbor belakang kecil terlalu jangkung untuk yang punya tinggi tubuh 165cm.

image

Baru saja di launching, TVS apache RTR200 memang masih fresh, kaki kaki depan di labur warna emas yang terasa rich, model tutup tangki yang out of the box, kenalpot 2 selongsong, di tambah ada tabung di bawah knalpot yang berfungsi sebagai filter dan menjadikan RTR200 memiliki suara khas juga meloloskan RTR 200Ā  lke euro3 mantap… , shroud yang yang menyatu dengan tangki, dan gak ketinggalan ban super value pirelli sport demon yang menjadikan RTR 200 sepeda motor produksi masal dibawah 250cc paling oke di sektor pengaplikasian ban,
Mesin yang lumayan gede sukses membuat apache RTR 200 terasa padat berisi, šŸ˜Ž
(+) ban oke, desain fresh, padat berisi.
(-) headlamp masih terlalu lebar masih belum meninggalkan pakem desain RTR, desain stoplamp yang masih terasa aneh.
Nilai:
-P200NS> 7
-RTR200> 7

2.spesifikasi

Spesifikasi Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS:
1. MESIN
Memiliki 6 kecepatan, mesin SOHC 4 tak yang berkapasitas sebesar 200 cc dengan pendingin cairan
Menggunakan teknologi 3 busi (Digital Triple Sparkplug Ignition / DTS-I)
Mampu menghasilkan tenaga yang besar yaitu 23,25 Hp /Ā  9500 rpm dan memiliki torsi maksimal sebesar 18,3 Nm / 8000rpm
2. RANGKA
Menggunakan teknologi rangka terbaru yaitu Perimeter Frame dengan Pressed steel yang sanggup menjadikan motor ini tetap kokoh dan stabil meski melaju dengan kecepatan yang tinggi
Memiliki berat kosong 145 kg
Kapasitas bahan bakar 12 liter
Ada 3 pilihan warna yang ditawarkan yaitu merah , kuning dan yang terakhir kawasaki bajaj pulsar 200 ns hitam
Spedometer yang bertipe LCD yang bisa menampilkan adometer, dual trip meter, pengukur bahan bakar, jam digital dan konsumsi bahan bakar rendah
Untuk menyalakan mesin dengan cara elektric starter dan juga kick starter (manual)
3. DIMENSI
Panjang motor keseluruhan adalah 1,965 mm dan lebar 810 mm
Menggunakan ban bertipe tubles yang memiliki ukuran 100/80 – 17 untuk depan dan 130/70 – 17 untuk yang belakang
Untuk keamanan, motor ini menggunakan rem cakram yang terpasang didepan dan belakang dengan ukuran masing – masing yaitu 28 cm (depan) dan 23 cm (belakang)
Jarak motor ke tanah adalah 805 mm
-Top speed 151 kpj

Spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V:
1. DIMENSI
Panjang 2050 mm.
Lebarnya 790 mm.
Tinggi mencapai 1015 mm.
Jarak sumbu antar kedua roda nya adalah 1353 mm.
Jarak terendah ke tanah 180 mm.
Tinggi jok atau tempat duduk 800 mm.
Berat 148,5 kg.
Kapasitas penuh tangki bahan bakar mencapai 12 liter.
2. FRAME
Tipe frame Double Cradle Split Synchro Stiff Frame.
Suspensi depan memakai Telescopic Fork 37 mm & suspensi belakang Monotube-Monoshock KYB.
Rem depan cakram tunggal 270 mm, sedangkan rem belakang cakram tunggal 240 mm.
Cairam (oli) rem : DOT 3 / DOT 4.
Ukuran roda depan 90/90 – 17″ Tubeless (Pirelli Sport Demon)
Ukuran roda belakang 130/70 – 17 Tubeless (Pirelli Sport Demon)
Velg depan berukuran 1.85 x 17″.
Velg belakang berukuran 3.50 x 17″.
3. MESIN
Kapasitas mesin 197,75 cm3 , SOHC, 4 Valve , 1 Silinder, Pendingin oli (Oil Cooled) .
Sistem bahan bakar injeksi ( EFI) : DFI Logic by BOSCH.
Ukuran bore x stroke : 66 mm x 57,8 mm.
Sistem starter : Electric starter.
Idle Speed : 1400 Ā± 200rpm.
Sistem pengapiannya IDI – Digital Ignition.
Perbandingan rasio kompresi 9,7 : 1.
Muffler ( Knalpot) : Twin Pipe and Twin Barrel Design.
Tipe kopling Wet Multi Plate – 6 Plate.
Tipe transmisi 5 kecepatan manual.
Power maksimum yang dihasilkan mencapai 15,46 KW (21 PS) / 9000 rpm.
Torsi maksimum mencapai 17.5 Nm / 7000 rpm.
Akselerasi : 0 – 60 km/jam dalam waktu 3,9 detik & 0 – 100 km/jam dalam waktu 11.2 detik.
4. KELISTRIKAN
Tipe bateray 12 V 7.4 Ah.
Headlamp 60/ 55 W ( H4 Bulb with All-time on LED Position Lamp).
Tail Lamp : LED 2.5 W
-Top speed 144kpj

Kesimpulan spesifikasi:
Meski sama sama berkapasitas 200cc
P200NS unggul telak,
Dengan raihan power 23,25Hp di RPM 9500 dan torsi 18,3 NM di RPM 8000,
Sementara RTR 200
Hanya mampu meledakan power kurang lebih 21ps di RPM 9000 dan torsi 17,5Nm di rpm 7000.
Wah mungkin karena RTR200 udah injeksi yah, jadi power agak terkebiri ngoahahaha šŸ˜†
Terlihat di hasil sebuah test
Kawasaki pulsar mampu meraih top speed hingga 151kpj,
Dan Apache RTR 200 hanya mampu meraih top speed di bawah pulsar yaitu 144kpj.

Nilai:
-P200NS> 8
-RTR200> 7

3.Harga
Via MCC harga kedua motor sama,
Rp 23.900.000 untuk RTR200 maupun P200NS,
Tapi ! Berhubung kawasaki pulsar 200NS sedang dalam masa diskon hingga menyentuh angka Rp 15.000.000,
Maka nilai untuk kedua motor adalah:
-P200NS> 9
-RTR200> 6

4. 3S (sales, sparepart, service)
-Disini P200NS hanya numpang di jual di kawasaki, oleh karena itu jangan berharap 3S terjamin. Apalagi ada rencana penghabisan stock šŸ˜„ ya kecuali om tungir sabar dan tabah dengan segala konsekuensinya,
-Sementara RTR200 murni hasil TVS indonesia sendiri, apalagi dengan bengkel resmi dan dealer TVS yang semakin meluas membuat TVS apache RTR200 tidak terlalu mengkhawatirkan soal 3S.

Berikut beberapa foto kedua produk:

image

image

image

image

image

Serba padat euy šŸ˜€

image

image

image

Pilihan yang sulit šŸ˜„

image

Last, bingung juga sih kudu pilih yang mana,
Kalau mau power gila gilaan yo monggo pilih P200NS,
Kalau mau 3S terjamin ya boleh pilih RTR200 šŸ˜€
Klo abah sih pilih duke 200 aja ngoahaahhaha šŸ˜†

Kritik dan saran, curhat, request artikel, dll ?
PM aja 083817053930 (whatsapp only)

Wassalamualaikum bray :*

Posted from WordPress for Android

Tentang Anomoto69 (anjay racing team)

this is life! you pull a little power and see? what speed are you able to?
Pos ini dipublikasikan di non japan dan tag , , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Komparasi TVS apache RTR 200 vs Kawasaki bajaj pulsar 200ns

  1. lamik gemini berkata:

    lebih suka deltabox.. hehe

    Suka

  2. benmotor berkata:

    karna fby vote xabre aja hahaha

    Suka

  3. supra 2002 ku awet rajet berkata:

    Teu kuat bacana, serius pisan. Skip we ahhh… Ciakkakakaka….

    Suka

  4. otoborn.com berkata:

    lebih napak si rtr200 euy…handling juga nurut

    Suka

  5. tian berkata:

    tp 1 hal,tvs masi buka ga dealernya ma sparepart njamin ga di solo,klo masi sih brani aja beli tuh tvs,jd ga ky si bajaj P ma Minerva ato Viar yg masi ngambang soal servis ma partsnya

    Suka

    • mbah_anom berkata:

      untuk ketersediaaN spare part di kota kota tertentu memang bikin mumet,
      tapi paling enggak skrg ada fasilitas online part yg bisa pesan antar šŸ™‚ untuk lebih lebgkapnya kunjungi situs resmi tvs šŸ™‚

      Suka

      • tian berkata:

        klo isa sih bro cari pilihan yg tepat,tp menurut loe mending mana antara P200ns ato tvs 200rtr ato viar vsr,maklum lah bro mau beli modal dikit tp beli yg baru gt bingung,bisa kasi saran ga bro krn model. mrk keren tp di solo takud sparepartnya doank.trims

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        VSR boleh lah, spare part bisa pnp dengan GL series,..
        klo motor india susah mau pake part kanibal mana šŸ˜€

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        ea jg sih tp di solo ga ada yg jual,abis td gua cari kemana2 ga ada T_T..tgl pilihan kawasaki bajaj pulsar 200ns ma viar vsr,klo kata spg ma teknisinya masi jamin pulsarnya gt bro klo vsr teknisinya rada meragukan gt..

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        nah barusan ada info, katanya urusan spare part di tanggung ma kawasaki ampe 10 tahun šŸ˜€

        tapi gak tau juga T-T
        namanya juga promo habisin stock šŸ˜„

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        oh yauda bro trims atas infonya,so aku pilih p200ns deh..salam bikers

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        jangan om šŸ˜Æ

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        so viar vsr aja gt?(mas gue masi anak kuliahan mas…hadew)

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        maksud saya jangan sekarang kalau mau ambil pulsar šŸ˜€

        tunggu abis lebaran biar dapet diskon šŸ˜€

        saya juga masih 22tahun bro hahahaha

        mx king jago lintasan jago berenang !!! ini baru bebek super

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        uw bener jg ya..hehehehe..gue 23 mlh tua an gue bro…ea soap bodi ma aksesoris gmpamg di utek2 yg rangka delta box sih,tp kalo vixion uda bosen en mahal,klo byson bentuknya ma enginenya uda lamb

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        kenapa gak pilih NCB :v atau CB 150 old ?

        ou ya ngomong ngomong terima kasih udah mampir di blog ane šŸ˜€

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        badan gue gede bro so mau ambil yg badannya gede ky kwsaki bajaj pulsar200ns ato viar vsr,klo cb rangkanya diamond gue ga suka,ncb itu apaan bro?maep ga teu…hehehehe

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        itu new CB yang baru bro šŸ˜€ coba cej deh di google šŸ˜€

        saran ane, buat org dengan badan agak tambun, beli
        -vario 125,
        -byson karbu
        -pulsar series
        -mt25
        -viar vsr
        -P200ns
        -mx king
        -R25 juga bisa šŸ˜€

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        ya paling antara viar vsr ato kawasaki pulsar 200ns itu aja deh,katanya sih rumornya mau balik lagi bajaj group tp kerjasamanya ma KTM gt

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        vote VSR šŸ˜€ kan biar cinta ploduk ploduk dalam negri šŸ˜€

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        kaya kata Eyang Titiek Puspa gt bro…”cintailah produk..produk Indonesia”wkwkwkwkw…emg sih vsr mirip bgt cbr tahun 2009-2012,istilahnya kembarannya,klo soal bengkel aku masi ragu di daerah solo sih sob

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        tapi dealer nya ada gak bro ?

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        ada sih,yg punya chinese,tp enginer wat servisnya ga pake sragam gt ky bengkel motor biasa gt.so cmn 1 doank deket keraton mangkunegaran solo,tepatnya di blakangnya gt ampir deket monumen pers sih bro

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        Nah walo cuman dikit harapannya ambil VSR aja šŸ˜€ 14jt sport 200cc rem ABS vsr gokil

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        betul jg ya,drpd ambil pulsar masi gaje,versa cmn versi lamanya megapro,gixxer aja blm teu pasti kluarnya en mau kasi harga murah tu ga motor dr suzuki bro

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        lagian si vsr itu upside down shock dpn,abs,knalpot katae sama ky ypshimura tgl ubah undertail doank gt kembar ma cbr 250r irit bbm gt ya?gt mkadmu bro?

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        nah itu šŸ™‚
        soal performa dan ketahanan mesin bisa kita akali sendiri šŸ™‚

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        aku masi mikirnya sih cmn 1,harga jual balik itu doank sih bro,harga di solo murah sekitar 17jtan gt,lagian harganya emg sih aku akuin ky barunya vario 125,supra x ato versa versi std gt,klo soal sparepartnya kata omnya di dealer isa di cari2in dgn gmpang,so harganya beda dikit 2 jt ma vixr(cbrnya gen 1 pny viar)ya menurut kemantaban hati menurut loe bro pilih vsr aja gt kan bro?maklum kangen naek motor laki lg smnjak dr vixion yg bagus tp di jual adek ganti megapro streetfighter yg boros rugi juga pas jual itu bro

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        soalnya ane juga mau ada rencana ngambil VSR šŸ˜€

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        sama2 cinta produk indo donk bro…hehehehe..okay bangga lah ma bangsa sendiri

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        wah irit bgt 1 ltr 30km..wew asik donk bro

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        lumayan irit
        punya temen 1liter premium bisa tembus 30kilometer loh šŸ˜€

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        mksdnya knalpot yoshimura,katanya itu adaptasi dr itu tp ntar di kira polisi knalpot buatan biasa alias ilegal pdhl asli

        Suka

      • Tian Nugoroho berkata:

        tp isa saranin ga bro pilih mana antara 2 itu ma 1 lg viar vsr

        Suka

      • mbah_anom berkata:

        saya pribadi condong ke TVS karena selain part bisa pnp dengan prodak lain, harganya murah 14jt an sob šŸ˜€ apa gak edyannn tuh šŸ˜€

        ya walau power cuman 11-12hp :3

        Suka

Tinggalkan komentar